Penelitian Membuktikan 9 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia 7 Turunan !


Dalai Lama mengatakan bahwa “Kita tidak bisa meraih kebahagiaan, tapi kita sendiri yang bisa menciptakan kebahagiaan itu”. Lantas hal apa yang bisa kita lakukan agar bahagia ?
Apa itu bahagia ? Dan mengapa kebahagiaan itu penting ?

Kebahagiaan tiap orang berbeda-beda. Para ahli Psikologi setuju bahwasannya 50% kebahagiaan tergantung dari gen, 40% dari rutinitas sehari-hari, dan 10% karena hal-hal yang tidak terduga.
Beberapa fakta juga membuktikan bahwa orang yang bahagia cenderung memiliki umur panjang. Menurut penelitian, sebesar 35% orang lanjut usia masih ingin hidup lebih lama lagi karena mereka bahagia. Fakta selanjutnya adalah kebahagiaan dapat menurunkan tingkat stress. Orang-orang yang bahagia mengalami penurunan kadar cortisol atau hormon stress sebesar 23%. Kemudian ada penelitian juga yang membuktikan bahwa orang yang bahagia lebih produktif bekerja, sedangkan yang tidak bahagia tidak produktif karena lebih banyak mengeluh.

Penelitian Membuktikan 9 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Banyak makan buah dan sayur
Penelitian dari Universitas Warwick membuktikan bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran dapat menambah tingkat kebahagiaan seseorang secara signifikan. Tipsnya, cobalah tambahkan buah dan syuran dalam menu makanan sehari-sehari, bisa dijadikan camilan, buah kering dan juga smoothies.

Kurangi mengakses media sosial
Penelitian dari Happiness Research Institute, orang yang berhenti mengakses Facebook selama seminggu saja bisa meningkatkan tingkat kebahagian. Tipsnya cobalah tidak main Facebook dulu selama 30 hari.
Jalan kaki ke kantor
Penelitian dari University of East Anglia menemukan bahwa orang yang jalan kaki saat menjalani rutinitasnya seperti bekerja dan sekolah cenderung lebih mudah konsentrasi, lebih sehat, dan tidak mudah stress. Tipsnya, jika kantor kamu jauh dan kamu naik ojek atau bus, cobalah untuk berhenti agak jauh dari kantor, dan mulai jalan kaki dari tempat kamu berhenti menuju ke kantor.

Menonton foto atau video lucu di internet
Peneliti dari Uniersity of Hiroshima menemukan bahwa melihat foto atau video binatang-binatang lucu bisa membuat tingkat kebahagiaan seseorang meningkat. Tipsnya, sebelum mulai cek email dan menegerjakan tugas-tugas, nyantai dulu lah dengan lihat-lihat video tingkah polah kucing lucu di YouTube.
Jangan suka begadang
Kebiasaan begadang dapat mempengaruhi mood. Penelitian dari University of Surrey’s Sleep Research Center menunjukkan bahwa hanya dengan tidur lebih lama satu jam daripada durasi tidur biasa mampu membuat seseorang bahagia dan sehat. Tipsnya, jangan minum kopi sebelum tidur.

Rencanakan liburan
Penelitian dari University of Rotterdam membuktikan bahwa dengan merencanakan liburan dapat meningkatkan mood bahagia seseorang.  

Berpelukaaan
Mengapa orang suka berpelukan ? Ya karena menyenangkan dan membuat rasa nyaman, terutama berpelukan dengan orang yang disayang. Jangan lewatkan satu hari pun tanpa berpelukan.

Berteman dengan orang-orang yang asyik
Di paragraf awal sudah dijelaskan bahwa salah satu penyebab bahagia atau tidaknya seseorang, salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan. Makanya, kalau kamu berteman dengan orang-orang yang asyik, maka kamu juga akan terbawa suasana menyenangkan tersebut. Begitu pula sebaliknya.

Mendengarkan musik favorit

Yes, ini bener banget, ketika kamu sedang gundah, sedih, atau berada di lingkungan yang tidak menyenangkan, cobalah untuk pasang headset dan mainkan lagu-lagu favoritmu. Penelitian dari McGill University membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik favorit maka zat dopamine atau hormon penyebab bahagia dalam tubuh akan menyeruak dan membuat kamu merasa puas dan happy.

Posting Komentar

0 Komentar