Sebut Cendol dan Klepon dari Malaysia, Media Internasional Ini Disemprot Netizen Indonesia !

Cendol diklaim Malaysia ? Klepon diklaim Malaysia ? Hmm..sebenarnya bukan negara tersebut sih yang ngeklaim langsung, tapi dari sebuah video yang viral di sosmed Instagram. Video tersebut menggambarkan suasana liputan sebuah restoran yang terletak di New York yang menyajikan beragam makanan dan minuman khas Malaysia. Anehnya, kuliner yang dipilih untuk dibahas adalah Cendol dan Klepon (yang di video disebut Onde-onde tapi banyak yang menganggap itu lebih mirip klepon), yang notabene identik dengan minuman dan makanan khas Indonesia. 

cendol via Pomona Guide


Banyak yang sangat menyayangkan betapa salah satu media asing terkemuka di dunia yang sering membagikan foto dan video informatif dan menarik, harus meloloskan materi video liputan restoran Malaysia di New York ini seperti tanpa dicrosscek kebenarannya terlebih dahulu.

Berikut beberapa komentar netizen terkait video yang sempat menyebut Cendol dan Klepon (Onde-onde) dari Malaysia (sebelum diubah menjadi dari Asia Tenggara karena banyak yang protes) :


A post shared by INSIDER food (@thisisinsiderfood) on

mfahmi31*: This is Indonesian food not Malaysia n food

0030819rf*: WTF its from INDONESIA, whats wrong with you f****n Malaysia 

azizihk*: INDONESIA PUNYA, BUKAN MALAYSIA PUNYA, NO M********, THIS IS INDONESIA !  

azzahra32*: TERUS AJA KEKAYAAN INDONESIA DIAKU SAMA MALAYSIA

amirudin_*: Dude, please, its from INDONESIA

ronnypujihartant*: Jangan kasih kendorrrrrrrr, cendol from Indonesia not malings***

ahmadmadani*: Cendoll from indonesia and kelelepon from indonesian

sya___shim*: @thisisinsiderfood u dummy, I maybe Malaysian but chendol does not come from Malaysia it is from INDONESIA.

mrs_vande*: Oh my good.. again.? I'm tired to fight what my country (Indonesia) has.. if they claim again about what we have. They really need education..

made_mhendr*: Cendol and klepon from indonesia 

farhanage2*: WOI SABAR WOI INI SALAH INFO DOAANG

azzahra320: @saidrevansy** yeahhhhh cendol is from INDONESIA BANDUNG JAWA BARAT SUNDAA !!!!!!!!

tantiasihsuryan*: Cendol from Indonesia

kitkat.*: Ugh and the legendary chicken bowl is ALSO FROM INDONESIA

Thisisinsiderfood juga telah menanggapi polemik ini dengan berkomentar : Thank you for your comments. We are changing our description to "Southeast Asian" to include the many cultures that enjoy this dish.


Sebenarnya cendol dari mana sih ?
Dilansir Temanmain.com dari laman wikipedia, Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

A post shared by Kasman_top.rcti (@cangrusli_top.rcti) on



Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut 'nyendol'.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

Lalu klepon dari mana ?

Dilansir Temanmain.com dari laman wikipedia, Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di di Sumatera dan di Malaysia, klepon disebut "onde-onde", sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Kalau menurut kamu, cendol dan klepon dari negara mana ? Tulis tanggapan kamu tentang Sebut Cendol dan Klepon dari Malaysia, Media Internasional Ini Disemprot Netizen Indonesia di komentar ya !


Posting Komentar

1 Komentar