Mudik Lebaran 2022: Jasa Marga Terapkan Ganjil Genap Pada Jalan Tol

Mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443H kini sebagian masyarakat Indonesia mulai memadati ruas-ruas jalan untuk melaksanakan mudik lebaran. Sebagai upaya untuk meminimalisir kemacetan dan gangguang lalu lintas, kini pihak Jasa Marga resmi menerapkan uji coba rekayasa lalu lintas pada jalan tol. 




Dilansir pada Instagram Resmi @official.jasamarga (24/04/22) melalui unggahanya telah mengumumkan secara resmi bahwa Jasa Marga mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas pada jalan Tol.

Penerapan uji coba ini berjalan selama 3 hari yakni pada tanggal 25 – 27 April 2022. Dengan catatatn apabila terjadi kepadatan maka akan diberlakukan ‘Diskresi Kepolisian’ dengan rekayasa lalu lintas contraflaw. Kemudian jika kepadatan melebihi batas maksimal maka akan diberlakukan ‘Diskresi Kepolisian’ dengan rekayasa lalu lintas oneway. 

Adapun dampak yang akan terjadi ialah pemadatan lalu lintas, serta perlambatan laju kendaraan sehingga pihak Jasa Marga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk. 

  1. Jasa Marga mendukung penerapan rekayasa lalu linntas di jalan tol yang merupakan diskresi kepolisian, sebagai bentuk kolaborasi bersama Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementrian PUPR demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan melaksanakan mudik.
  2. Diharapkan masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran mengetahui informasi ini serta mengikuti jadwal pelaksanaanya, perubahan serta arahan petugas
  3. Pihak Jasa Marga menyampaikan permohonan maaf apabila pelaksanaan rekayasa lalu lintas yang di maksud menimbulkan rasa tidak nyaman selama berkendara
  4. Menghimbau untuk seluruh masyarakat mampu mengikuti peraturan dan arahan petugas di lapangan
  5. Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap
  6. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomo 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOs ataupun Android.

Sumber foto: Photo by Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar