Cara Membuat Video Puzzle Transition Tiktok yang Lagi Viral

Kamu penasaran dengan cara membuat video dengan efek puzzle transition yang sedang viral di Tiktok? Berikut ini kami berikan beberapa langkah untuk membuat video dengan efek puzzle transition di Tiktok. Simak selengkapnya ya.




Tiktok semakin kesini semakin merambah menjadi sebuah aplikasi yang bisa menghadirkan konten kreatif. Banyaknya sound-sound yang unik dan menarik, serta efek-efek yang bisa digunakan untuk mempercantik atau memperlucu tampilan, membuat konten-konten yang hadir di Tiktok semakin bervariasi. 

Akhir-akhir ini, salah satu tren yang sedang banyak digandrungi di Tiktok adalah penggunaan video dengan efek video puzzle transition. Efek video Puzzle Transition merupakan sebuah teknik mengedit video dengan menyatukan potongan-potongan foto yang telah di potong sesuai keinginan. Nantinya, potongan-potongan foto tersebut akan disatukan dengan secara bergantian dan biasanya disesuaikan dengan sound yang sedang viral di Tiktok. 

Efek video Puzzle Transition ini tengah ramai di Tiktok karena dianggap keren dan kekinian. Namun, siapa sangka kalau cara membuat video Puzzle Transition di Tiktok ini membutuhkan waktu dan usaha yang cukup panjang. Untuk yang baru belajar mengedit video menggunakan handphone, mungkin akan terasa sulit tapi hal itu bisa kamu jadikan sebagai latihan untuk melatih skill mengeditmu lho!

Buat yang penasaran, kami telah merangkum cara membuat Video Puzzle Transition di Tiktok. Inilah langkah-langkah untuk membuat Video Puzzle Transition di Tiktok dengan mudah

Langkah-langkah Membuat Video Puzzle Transition Tiktok

Sebelum membuat Video Puzzle Transition Tiktok, kamu harus memiliki aplikasi bernama PicsArt dan juga VN. Inilah dia cara untuk membuat video puzzle transition di Tiktok.
Pastikan kamu telah mengelompokan foto-foto yang ingin kamu edit sebagai efek puzzle transitionnya nanti.
  1. Buka aplikasi PicsArt.
  2. Pilih satu foto, kemudian buka foto tersebut. Kemudian, kalian perlu menghapus background atau mengcrop foto-foto tersebut menggunakan fitur ‘kerangka’. Jangan buang foto asli karena itu akan menjadi background Puzzle Transitionnya nanti.
  3. Setelah selesai, kemudian simpan.
  4. Lakukan langkah nomor 3 secara berulang-ulang pada semua fotomu hingga semuanya berhasil di crop.
  5. Setelah semua foto berhasil di hapus/crop dan sudah disimpan, kemudian buka aplikasi VN.
  6. Kemudian pilih ‘Project Baru’, lalu pilih satu video acak yang hendak kamu gunakan sebagai latar membuat video Puzzle Transition nanti. Setelah sudah, klik tanda panah/ok.
  7. Kemudian akan muncul tab untuk mengedit video. Klik bagian tambahkan sound pada kolom paling atas. Isi sound dengan sound yang kamu inginkan. Setelah sudah, klik tanda panah/ok.
  8. Lalu pada kolom video, tambahkan semua foto asli (yang belum di edit dengan PicsArt) yang hendak dijadikan sebagai Puzzle Transitionnya. Setelah sudah, atur kecepatan setiap video dengan speed 0,35 detik.
  9. Setelah itu, klik kolom overlay untuk menambahkan foto-foto crop yang akan di pasangkan dengan foto asli. Setelah itu, cocokan setiap foto dengan foto asli yang menjadi background.
  10. Lalu, atur kecepatan dengan speed yang sama, yaitu 0,35 detik. Pastikan semua terpasang dengan rapih dan sesuai.
  11. Setelah sudah, putar video sekali lagi sebelum di export. Setelah dirasa sudah oke, klik Export. Tunggu videomu selesai di proses.
  12. Tadaa!! Kamu telah berhasil membuat video Puzzle Transition!

Itulah tadi cara untuk membuat video puzzle transition yang bisa kamu upload di Tiktok. Untuk beberapa tips dan trik lain, simak terus ya!

Sumber foto: Tiktok

Posting Komentar

0 Komentar