Cara Cek Shadow Ban Tiktok

Berikut ini adalah informasi dan penjelasan mengenai shadow ban Tiktok, sebuah fitur atau ‘hukuman’ terselubung yang kerap dialami oleh beberapa Tiktokers. Simak selengkapnya ya. 





Tiktok saat ini dianggap sebagai aplikasi sejuta umat. Pasalnya, Tiktok kini banyak digunakan oleh netizen karena memiliki banyak konten yang menarik dan menghibur.


Walau dulu sempat dicemooh dan dianggap sebagai aplikasi joget-joget alay, aplikasi Tiktok kini tidak dianggap remeh lagi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.


Kemudahan mengunggah dan mengakses Tiktok membuat aplikasi buatan ByteDance ini bisa diakses secara bebas oleh netizen.


Siapapun kini bisa memakai Tiktok asal memiliki smartphone, mau itu anak kecil, orang dewasa, hingga lansia.


Namun, ‘kebebasan’ yang dimiliki oleh Tiktok ibarat pisau bermata dua, bisa menguntungkan, dan bisa merugikan.


Karena bebas, masyarakat bisa melakukan kegiatan apapun dengan bebas. Salah satunya adalah melakukan tindakan tercela ataupun melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan pedoman komunitas Tiktok.


Apabila hal tersebut terjadi, maka pihak Tiktok kan menangguhkan akunmu dengan sebuah ‘hukuman’ yang disebut Shadow Ban.


Shadow Ban merupakan sebuah pembatasan akun yang dilakukan oleh algoritma Tiktok apabila kamu melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan pedoman komunitas Tiktok.


Apabila demikian, kamu tidak akan bisa menggunakan beberapa fitur yang ada di Tiktok. Sayangnya, pihak Tiktok tidak memberikan pemberitahuan langsung jika akunmu kena shadowban, sehingga kamu perlu mengeceknya sendiri.


Untuk mengecek apakah akunmu terkena Shadow Ban atau tidak, kami sudah merangkum beberapa caranya, simak terus ya!


Cek Videomu di Beranda


Shadow Ban membatasi akunmu supaya videomu tidak muncul di Beranda. Cobalah untuk menggunggah konten dan melihatnya apakah masuk ke beranda atau tidak. Kalau videomu ada di Beranda, maka akunmu aman.


Akunmu tidak muncul di Pencarian


Cara ini juga bisa digunakan dengan mudah. Kamu bisa mencari akun Tiktokmu di kolom pencarian. Apabila tidak muncul, maka akunmu sedang terkena Shadow Ban.


Gunakan Sound atau Hashtag yang viral


Cara ini bisa digunakan untuk mengecek apakah konten yang kamu buat bisa terjangkau dengan Tiktokers lain atau tidak. Apabila terkena shadow ban, maka kontenmu tidak mendapatkan views/like walaupun sudah menggunakan sound dan hashtags yang viral.

Posting Komentar

0 Komentar