Arti Ghayyu dan Wail yang viral di Tiktok

Apa arti Ghayyu dan Wail yang viral di Tiktok? Ghayyu dan Wail adalah…





Baru-baru ini banyak pengguna Tiktok yang mempertanyakan dan memperbincangkan istilah Ghayyu dan Wail.


Banyak yang mempertanyakan apa arti Ghayyu dan Wail yang menjadi perbincangan banyak orang di Tiktok pada saat ini.


Usut punya usut, Ghayyu dan Wail ini memiliki kaitan yang erat dengan agama Islam, agama yang menjadi mayoritas di Indonesia.


Memang di Tiktok ini, banyak yang menyebutkan Ghayyu dan Wail ini berkaitan dengan sebuah ‘ganjaran’ yang akan diterima apabila tidak melaksanakan syariat Islam.


Ternyata, Ghayyu merupakan sebuah tempat yang disebutkan Allah dalam Surat Maryam ayat 59 sampai dengan 60.


Menurut ayat tersebut, Ghayyu merupakan sebuah lembah yang adanya di neraka jahanam, dan disebutkan sebagai tempat untuk orang-orang yang melalaikan shalatnya.


Tidak berbeda jauh dengan Ghayyu, dalam surat Al-Maun ayat 4 sampai 5, Allah berfirman bahwa ‘Maka Wail-lah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai akan shalatnya’.


Wail merupakan sebuah lembah di neraka jahanam, yang diibaratkan apabila gunung-gunung di dunia dijatuhkan ke dalamnya, maka akan hancur lebur akibat panasnya.


Banyak pengguna Tiktok yang mengaitkan Ghayyu dan Wail ini sebagai pengingat untuk senantiasa rajin beribadah sholat pada tepat waktu.


Pasalnya, untuk membayangkan seberapa menakutkannya tempat tersebut pun sudah banyak membuat orang bergidik, apalagi jika pada akhirnya Allah memutuskan untuk menempatkan kita di dua tempat tersebut.


@frdrsh_

Ada yang tau Ghayyu dan Wail itu apa? Ghayyu itu lembah yang berbau sangat busuk, yang sangat jauh kedalamannya dan berisikan nanah dan darah. Sedangkan Wail merupakan lembah di neraka jahanam, yang ibaratnya gunung di dunia dijatuhkan ke dalamnya maka akan hancur lebur karena panasnya. Terus apa hubungannya nunda shalat sama Ghayyu dan Wail? Allah SWT memberikan ancaman Neraka untuk mereka yang sengaja menunda-nunda waktu sholatnya tanpa alasan syariat yang dibenarkan, Allah SWT berfirman: “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya.” (QS. Al-Ma'un: 4-5). bahkan bisa tergolong sebagai kaum “munafik” lohh… dalam firman-Nya: “Sesungguhnya orang-orang munafik menyangka bisa menipu Allah, tapi sungguh Allah lah yang menghinakan mereka. Yaitu ketika mereka diseru untuk sholat, mereka bermalas-malasan” (QS. An-Nisa: 142) Naudzubillah… #fyp #tiktokdakwah #muhasabahdiri #reminderislamic #reminder

♬ suara asli - pandzzv7𝔪𝔩𝔢𝔱𝔯𝔢 - pandzzv7𝔪𝔩𝔢𝔱𝔯𝔢


Itulah arti Ghayyu dan Wail yang viral di Tiktok.


Sumber foto: Tiktok

Posting Komentar

0 Komentar