Siapa pemilik Mixue es krim viral?

Siapa yang kini tidak tahu Mixue? Toko es krim yang tengah naik daun ini menjadi bahan perbincangan karena memiliki banyak sekali toko yang tersebar di seluruh Indonesia.





Bahkan, ada sebuah perumpamaan yang diungkapkan netizen dimana setiap ada ruko kosong, maka Mixue akan datang dan mengisi ruko tersebut.


Mixue tidak viral semata karena memiliki banyak toko yang tersebar di Indonesia saja, namun karena harga es krimnya yang murah-murah.


Mulai dari es krim, float, dan minuman-minuman dingin, semua tersedia di Mixue dengan harga murah. Sehingga, Mixue hampir selalu ramai di media sosial.


Lantas, sebenarnya siapa pemilik dan penemu kedai es krim yang viral di mana-mana ini? Ternyata, Mixue berasal dari Tiongkok. 


Penemunya bernama Zhang Hongchao, seorang pengusaha yang mendirikan Mixue sejak tahun 1997 silam.


Pada awalnya, Zhang menamai kedai es krimnya ‘Cold Stream Shaved Ice’ atau es serut. Kedai es krimnya itu awalnya hanya merupakan kedai lesehan di pinggir jalan dengan beberapa bangku.


Menunya pun tidak sebanyak sekarang, yang kala itu hanya terdiri dari tiga menu, yaitu es serut, es krim, dan juga smoothie.


Awalnya, toko eskrim Zhang ini hanya mampu meraup keuntungan sekitar 100 yuan atau 175 ribu rupiah dalam sehari.


Namun Zhang tidak pantang menyerah dan berusaha berinovasi, hingga pada tahun 2007 kedai eskrimnya bertambah banyak dan ia banyak membuka kesempatan bekerja di kedai Mixue nya.


Tercatat, pada tahun 2008, Zhang telah memiliki toko waralaba hingga 180 gerai yang tersebar di seluruh Tiongkok.


Kemudian pada tahun 2019, jumlah gerainya telah meningkat berpuluh-puluh kali lipat hingga 7.000 gerai yang sudah berekspansi ke negara-negara lain.


Kesuksesan yang diraih Zhang ini salah satunya karena Zhang berani bereksperimen dan berspekulasi dengan membuat harga es krimnya lebih murah dibanding yang lain.


Selain itu, Zhang juga melihat celah di saat musim panas, dimana orang-orang cenderung ingin sesuatu yang dingin dan segar.


Hingga kini, kedai Mixue buatan Zhang ini sudah berekspansi dan memiliki total hampir 20.000 kedai yang tersebar di berbagai negeri termasuk Indonesia.


Di Indonesia sendiri, hampir di setiap daerah pasti memiliki setidaknya satu gerai Mixue.


Sumber foto: Instagram

Posting Komentar

0 Komentar