Arti Halo Effect yang viral di Tiktok

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan mengenai arti kata Halo Effect yang viral di Tiktok.





Kata ‘Halo Effect’ menjadi viral di Tiktok dan dikait-kaitkan dengan kesan pertama terhadap seseorang ketika jumpa pertama kali. Simak selengkapnya ya.


Tiktok banyak dimanfaatkan orang-orang untuk menggali informasi-informasi viral dan mengetahui hal-hal yang tengah banyak diperbincangkan netizen pada saat ini.


Sebagai salah satu sosial media populer, Tiktok memang dikenal luas sebagai salah satu sosial media yang cukup update dalam memberikan informasi atau hal-hal baru.


Salah satu bukti updatean Tiktok adalah tidak sulit mencari informasi yang viral, karena biasanya ketika mencari di kotak pencarian, informasi yang dicari sudah muncul.


Sehingga, kemudahan mencari informasi-informasi yang viral di Tiktok menjadikan aplikasi dan sosial media yang satu ini menjadi pilihan netizen untuk mencari informasi.


Berbicara mengenai sebuah informasi yang viral, ada salah satu istilah dan informasi yang saat ini sedang banyak dicari maksud dan artinya di ranah Tiktok.


Informasi atau istilah yang viral satu ini dikait-kaitkan dengan kesan pertama seseorang dengan orang lain yang baru saja bertemu saat pertama kali. Istilah itu adalah Halo Effect.


Dilansir dari berbagai situs informasi, Halo Effect merupakan penilaian terhadap suatu hal atau seseorang ketika pertama kali berjumpa.


Nantinya, kesan pertama atau first impression yang ditimbulkan ketika pertama kali bertemu akan mempengaruhi persepsi seseorang terhadap seseorang atau hal tersebut.


Misalnya, apabila kita berjumpa seseorang dengan penampilan yang tidak rapi, namun ia merupakan seorang pribadi yang ramah.


Walaupun ia memiliki kepribadian yang ramah, kita kadang memandangnya sebelah mata karena ia memiliki penampilan yang kurang rapi.


Banyak Tiktokers yang mengatakan bahwa Halo Effect ini banyak diimplementasikan di lingkungan kerja atau lingkungan pertemanan misalnya.


Dalam proses rekrutmen karyawan baru misalnya, seorang HRD bisa saja lebih memilih orang yang lebih dengan nol pengalaman namun pintar berbicara, daripada orang yang tak pandai bicara namun punya pengalaman.


Banyak netizen yang menganggap Halo Effect ini sebagai sebuah stereotip yang bisa saja benar, namun bisa juga salah. Terkadang, first impression terhadap seseorang bisa berubah di kemudian hari.


Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Halo Effect ini terjadi pada diri kita adalah dengan tidak memberikan penafsiran yang dangkal atau jangan cepat ambil keputusan.


Sumber foto: Tiktok

Posting Komentar

0 Komentar