Video langka! Detik-detik Jokowi tertunduk lesu saat diceramahi Anies Baswedan, jadi sorotan di media sosial

Sebuah momen yang viral kembali mencuri perhatian di media sosial. Kali ini, video tersebut menampilkan Anies Baswedan memberikan ceramah yang menegur Jokowi. Namun, perlu diketahui bahwa video tersebut sebenarnya terjadi pada 19 Februari 2014, sebelum Pilpres 2014.





Dalam video yang beredar, terlihat Jokowi duduk bersama Bima Arya dan Anies Baswedan, yang saat itu masih menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina. Diskusi dengan tema "Menuju Good Government: Reformasi Birokrasi dan Peran Mahasiswa" berlangsung di Aula Nurcholis Madjid pada tanggal tersebut.


Dalam diskusi tersebut, Anies Baswedan mencoba menyampaikan berbagai pendapatnya tentang kepemimpinan yang baik. Namun, pada satu momen tertentu, Anies mengkritik kepemimpinan Jokowi selama sembilan tahun sebagai Wali Kota Solo saat itu.


"2004, pak Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Apa yang terjadi? Bahkan upacara saja beliau tidak tahu," ujar Anies.


Hal yang menarik, Jokowi hanya terdiam dan tertunduk saat mendengar kata-kata Anies Baswedan. Selanjutnya, Anies Baswedan berbicara tentang visi misi dan peran pemimpin.


"Saya percaya dengan visi dan misi, tapi jika pemimpin itu sendiri tidak dapat dijadikan contoh, maka visi misi dan rencana tersebut hanya berada di atas kertas," kata Anies.


Lebih lanjut, Anies mengungkapkan bahwa jika Indonesia ingin menjadi lebih baik, tidak cukup hanya mengandalkan satu atau dua pemimpin. Sebab, Indonesia memiliki 546 pemerintah daerah, 157 Kementerian atau lembaga setingkat kementerian atau lembaga pemerintah non-kementerian dan non-struktural, 140 BUMN, lebih dari 490 perusahaan publik, dan 120 bank umum.


Meskipun demikian, dalam diskusi tersebut, Anies Baswedan juga memberikan pujian yang tinggi kepada Joko Widodo atas upayanya dalam memperbaiki Kota Jakarta. Bahkan, menurut Anies, Indonesia membutuhkan 'Jokowi' lainnya untuk mencapai perubahan yang diinginkan.


"Beliau (Jokowi) adalah sosok yang menginspirasi melalui tindakan-tindakannya, dan Indonesia akan membutuhkan lebih banyak pemimpin seperti itu. Tidak hanya satu atau dua orang, tapi ribuan," kata Anies setelah memberikan kuliah umum di Universitas Paramadina sembilan tahun yang lalu.


@ideapendent

momen anies baswedan menceramahi jokowi #anies #aniesbaswedan #jokowi #pilpres2024 #pilpres #fyp #fypシ

♬ original sound - Prima43v312 - IDeAPendent Network


Sumber foto: Tiktok


Posting Komentar

0 Komentar