Kreatif ! Kontroversi Kata Pribumi Dibikin Komik Keren Lucu dan Kritis dari Para Komikus Indonesia Ini !

Baru-baru ini kata pribumi menjadi trending topic di Indonesia, baik di Google maupun di media sosial. Alasannya, tentu beberapa dari teman-teman sudah tahu. Nah, di sini yang akan Temanmain.com bahas adalah tentang kreatifnya teman-teman seniman, tepatnya teman-teman komikus dalam menanggapi polemik dan kontroversi kata "pribumi" tersebut. 



Siapa saja komikus yang membuat komik lucu dan sekaligus komik yang menanggapi isu tentang pribumi ini ? Berikut diantaranya !

Thepopo



Komik tentang pribumi ini menggambarkan tokoh Thepopo yang seakan sedang berusaha menyatukan dinding yang telah terbelah. Cara menyatukan dinding tersebut dengan cara dijahit. Hmm..pasti susah dan agak mustahil ya ? Tapi itulah kreatifnya Thepopo. Dalam postingan Thepopo ini dia menulis caption: "ANTARA TA* DAN INDOMI"
Saya tumbuh di sekitar dahan-dahan kebencian dan rimbunnya kedengkian di tanah penuh perbedaan. Wahai para pemimpin.. kalian ta*.. bener2 ta*... teman2 saya semua berdebat dan menghujat.. teman2 saya berpendapat tanpa kepala dingin.. demi kalian ujung2nya...teman2 saya banyak yang menjadi #netijenkont** demi kalian wahai pemimpin. Wahai pemimpin... kalian ta*... iya ta*..saya sedih.. jadi pengen makan indomi..
Udah..makasi
Saat artikel ini dibuat, Thepopo sendiri memiliki 112k followers
Beberapa netizen juga memberi komentar yang beragam, diantaranya adalah :
ariferpo**: Iya bener sih kepsyennya..
wawanteu**: Teringat jahitan sunat :(
satriasuha**: Pecahkan saja Indonesia biar ramai, biar pada keramas berjamaah.
kalis**: Poh, lu sayang bgt sama Indonesia ya?
ahmadfahrizal**: APA KITA SEMUA HARUS MENJADI OJOL BIAR BISA BERSATU?

Baca juga :

Awas, 10+ Artis Indonesia Cantik Keturunan Arab dan Timur Tengah Ini Bisa Bikin Ente Mimisan !

Klkkln

A post shared by AL BOSQUEU KELIKKLAN (@klkkln) on

Komik tentang pribumi ini menggambarkan sesosok pria yang mirip dengan presiden US dengan jargonnya "Make America Great Again" yang kemudian diubah menjadi "Make Pribumi great Again". Komik berikutnya karya @klkkln. Di captionnya, dia menuliskan : Ya, agak familiar!!! 
Saat artikel ini dibuat, Klkkln sendiri memiliki 33.8k followers
Beberapa netizen juga memberi komentar yang beragam, diantaranya adalah :
anjasatr**: Ya
davidsoulj**: IYAAAAA!!!
elkhaqim**: YA!!!


Komikfaktap
A post shared by Komik Faktap (@komikfaktap) on

Komik tentang pribumi ini memilih sedikit membuat plesetan tentang pribumi menjadi probumi, dan dua perseteruan antara Bumi Datar dan Bumi Bulat akhirnya mencapai kata damai. Caption di komik bikinan Komikfaktap ini hanya ada hashtag #KomikFaktap.  
Saat artikel ini dibuat, Komikfaktap sendiri memiliki 83.3k followers.
Beberapa netizen juga memberi komentar yang beragam, diantaranya adalah :
yusuf_wibisa**: Saya sebagai pendukung bumi segitiga merasa terhina tidak diikutsertakan!
ilham_pratam**: Selama masih bisa hidup atasnya bersukur mau itu bulat atau datar atau oval atau apalah
amienzain**: Alhamdulillah udah jabat tangan, damai nih skrng...hehe
nanda_antarnu**: Kaum bumi zig zag *qorygore
kembang_pe**: Datar ataupun bulat ataupun bulat kenyal ataupun datar keras bukan jadi masalah selama masih pro sama bumi. Salam PROBUMI!

Baca juga :



Banggaber
A post shared by Rizal Fahmi (@banggaber) on

Komik tentang pribumi ini mengambil sudut pandang anak kampung sini atau AKAMSI yang terganggu dengan keberadaan anak kompleks yang suka menindas anak-anak kampung. Di komik bikinan Banggaber ini dia menuliskan caption : pidato si Duloh, abang-abangan kampung babakan.
Saat artikel ini dibuat, Banggaber sendiri memiliki 134k followers.
Beberapa netizen juga memberi komentar yang beragam, diantaranya adalah :
tianyud**: Ngga mau buat versi kucing bang? kan sekarang kucing kampung kalah sama kucing2 luar, diberlakukan beda, dan yg kucing keturunan ngga boleh main sama yg kampung, apalagi nikah, eh kawin #KebangkitanKucingKampung
herry21**: Wkwkwkwkk sorry to say nih gue agak keras. GOBLOG semua!!! Lucu liat komenannya saat scroll ke atas, masalah gini berantem... Sama sama punya prinsif, sama sama punya pendirian, sama sama ngerasa paling bener dan padahal sama sama WNI. Jangan jadi orang yang mudah tersulut emosi apalagi sama bangsa sendiri. Kritik itu wajar, tapi harus yang membangun bukan menghujat atau mencaci atau mencela, bedakan itu mana kritik dan mana menghujat. Kasian Indonesia makin tua, beban yang dipikul makin berat, harusnya kita prihatin bukannya ikut ikutan orang di atas sana yang saling sikut. Apa susahnya berfikir positif? Kita itu Indonesia yang dari dulu terkenal sebagai bangsa yang sopan, santun, ramah, gotong royong dan penyayang. Kenapa dijaman anak milenia jadi gini? Jadi bahan tontonan bangsa lain dan mungkin jadi bahan tawaan. Jadi bahan boneka yang merebutin jabatan. Jangan bisanya hanya update status atau teriak teriak Saya Indonesia, Saya Pancasila tapi Realisasinya Nol!! Sudah waktunya kita sadar akan kesalahan diri sendiri ketimbang mencari kesalahan orang lain. Awali dari niat dan tekad diri sendiri. ~Maaf bilamana ada yang tersinggung, tidak bermaksud~ #solid #indonesia
anggihamid**: Mau pribumi ato non pribumi ato mau asli ato keturunan selama msh WNI ga ada kata bukan asli ato non pribumi krn dia lahir di indonesia maka dia orang indonesia..
rahulrahman**: Saya bukan pribumi, tpi hidup saya aman2 saja. Kenapa? Karna saya cinta negri ini 

Baca juga :




Thekonyol
Update: karena relatif sensitif, sebaiknya kamu lihat sendiri komiknya langsung di Instagram Thekonyol, di sini ya @thekonyol
Thekonyol yang mendeskripsikan dirinya sebagai "Cuman komik, nggak usah dilebih-lebihkan" ini membahas papan larangan pemulung dilarang masuk yang dibandingkan dengan papan larangan pemulung (non pribumi) dilarang masuk. 
Saat artikel ini dibuat, Thekonyol sendiri memiliki 30.9k followers.
Beberapa netizen juga memberi komentar yang beragam, diantaranya adalah :
dika.ta**: Pemulung non pribumi DO NOT ENTRY
the_ra**: ada kah non pribumi yg jadi pemulung ?
andreaswijaya**: Baru 3 hari aja bisa bikin stock meme melimpah
lutfiw_2**: SEMUA MENJADI BERBAU POLITIK


Share this:

Disqus Comments