Kenalan dengan Kuasa Hukum Anonymous, Pengacara Bagi Hacker Paling Berpengaruh di Dunia !

Teman-teman pernah denger Anonymous ? Anonymous secara general adalah kelompok hacker activist atau Hacktivist yang digadang-gadang menjadi hacker paling berpengaruh di dunia. 



Di Indonesia, mungkin kamu pernah dengar beberapa nama pengacara yang dikenal tangguh dan merupakan pengacara-pengacara terbaik di Indonesia, atau juga mungkin beberapa dari kamu menganggap pengacara-pengacara paling kontroversial di Indonesia. Pengacara-pengacara di Indonesia yang sering kamu lihat di televisi antara lain Ruhut Sitompul, Hotman Paris Hutapea, Otto Hasibuan, Fredrich Yunadi, dan masih banyak lagi. Mau dimasukkan dalam kategori mana apakah terkenal ataukah kontroversial ya itu terserah pendapat masing-masing dari teman-teman ya ! Yang jelas beberapa nama di atas memang cukup sering menyita perhatian, seperti Otto Hasibuan yang sempat menjadi kuasa hukum Jessica dalam kasus kopi sianida, dan Fredrich Yunadi yang menjadi kuasa hukum Setya Novanto saat kasus KTP elektronik. 

Kembali lagi dalam membahas kuasa hukum atau pengacara Anonymous, hacker paling berpengaruh di dunia. Sebagai hacktivis, Anonymous kerap melakukan aksi-aksi peretasan yang fenomenal. Beberapa aksi fenomenal Anonymous adalah melumpuhkan situs p**n*grafi anak, menyerang situs San Fransisco Bay Area Rapid Transit System sebagai bentuk protes tindakan sewenang-wenang pihak berwajib di sana, membobol situs pemerintahan di suatu negara, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

Awas, 10+ Artis Indonesia Cantik Keturunan Arab dan Timur Tengah Ini Bisa Bikin Ente Mimisan !

Dengan berbagai aksi yang sangat berisiko tinggi dan bukan tidak mungkin dapat mengancam nyawa Anonymous jika identitasnya terbongkar, maka Anonymous memang sudah sejatinya harus memiliki kuasa hukum atau pengacara yang tangguh.


Nah, kali ini Temanmain.com akan membahas Kuasa Hukum Anonymous, Pengacara Bagi Hacker Paling Berpengaruh di Dunia. Penasaran kan ? Yuk langsung saja kita kenalan dengan Kuasa Hukum Anonymous, Pengacara Bagi Hacker Paling Berpengaruh di Dunia !

1. Berawal dari cuitan di Twitter sampai direkrut Anonymous menjadi pengacara mereka

via YouTube
Pengacara Anonymous namanya Jay Leiderman. Dari luar, penampilannya cenderung biasa saja, tinggal di pinggiran kota, hobi otomotif, suka minum bir, dan sebagainya. Tapi ketika Jay di depan komputer, dia bukanlah orang biasa. Dalam sebuah video wawancara, Jay Leiderman mengatakan bahwa awalnya dia menawarkan jasa bantuan hukumnya lewat Twitter kepada salah satu akun Twitter yang diduga milik anggota Anonymous yang kemungkinan memang sedang diincar pihak yang tidak suka dengan aktivitas Anonymous. Kemudian, pagi harinya Jay mendapat email dari seseorang dengan nama email Commander X.

Baca juga :

20+ Film dan Serial TV Tentang Narkoba atau Film Narkotika Obat Terlarang dan Ganja Terbaru Lengkap Update Terus

Tentu saja, identitas anggota Anonymous ini terus berganti-ganti, bahkan beberapa sumber berita mengatakan bahwa chat percakapan dan email pengirim akan berganti dalam waktu singkat sekitar 2-3 menit. Hal tersebut tentunya membuat si pengirim sangat sulit untuk dideteksi. Dan walaupun misalnya identitasnya bisa dilacak, isi percakapannya belum tentu bisa dilihat maupun diterjemahkan karena menggunakan kode-kode tersendiri yang mungkin hanya diketahui anggota Anonymous sendiri dan juga pengacaranya, yaitu Jay Leiderman. "Ketika saya mendapat panggilan pesan dari Anonymous, dan saya tidak tahu siapa mereka, saya rasa hal tersebut merupakan percakapan paling jujur dari manusia satu ke manusia yang lain, karena tidak akan ada penilaian subyektif pada orang tersebut, percakapan di depan komputer dengan para anggota Anonymous saya anggap sama semua, no judgement", kata Jay Leiderman, kuasa hukum hacker Anonymous. 

2. Menjadi sosok yang berperan penting bagi Anonymous

via YouTube
Salah satu kesulitan Jay Leiderman dalam membela kliennya (yakni Anonymous) adalah dia harus berhadapan dengan undang-undang yang dibuat puluhan tahun lalu sehingga sebenarnya kurang relevan kalau diterapkan di masa sekarang ini. Seperti misalnya, membagikan password akun Netflix kamu kepada teman kamu, hal itu bisa menjadi tindakan kriminal, dan banyak hal-hal yang kelihatan sepele itu bisa menjebloskan kamu ke penjara. Dan tentu saja hal-hal sesederhana itu bisa saja membuat anggota Anonymous terjebak, dan disinilah peran seorang pengacara seperti Jay Leiderman dibutuhkan. Dia akan memberikan saran-saran tentang apa yang boleh dan yang tidak boleh dikatakan atau dilakukan anggota Anonymous, dan membuat mereka aman dari tuntutan hukum.

3. Diganjar berbagai penghargaan

via YouTube
Lawyer Monthly Magazine pernah menobatkan Jay Leiderman menjadi Kuasa Hukum Terbaik di Amerika Serikat pada tahun 2016. Hal tersebut tentu saja menjadi bukti betapa tangguhnya pengacara hacker atau hacktivis Anonymous ini. Dan dengan memiliki kuasa hukum seahli Jay Leiderman, mungkin Anonymous juga bisa lebih leluasa menjalankan aksi-aksi ala Robin Hood di dunia cyber.

Baca juga :

Skip Challenge dan 10 Challenge atau Tantangan Paling Bodoh Berbahaya dari Internet, Facebook, YouTube Ini Jangan Ditiru ya Sob ! 

Teman-teman bisa melihat video berikut ini tentang Jay Leiderman pengacara hacker Anonymous dengan judul Better Cal Jay yang merupakan plesetan dari Better Call Saul sebuah serial televisi terkenal tentang Saul Goodman pengacara handal yang menangani kasus-kasus pelik dan penuh intrik.  

Sumber video : Great Big Story

Posting Komentar

0 Komentar