Tercyduk, Kids Jaman Now dan 12+ Kata, Kalimat, Istilah Ini Menjadi Kata-Kata Paling SAMPAH di Tahun 2017 ! Benarkah ?

loading...

Tercyduk, Kids Jaman Now dan 12+ Kata, Kalimat, Istilah Ini Menjadi Kata-Kata Paling SAMPAH di Tahun 2017 ! Benarkah ?

via Flickr
Baru saja Temanmain.com membaca tentang "Andai Istilah-Istilah Ini Tak Muncul Sepanjang 2017, Dunia Pasti Lebih Damai" di Vice.com. Di artikel tersebut dibahas istilah-istilah yang viral di 2017. Mengutip dari artikel tersebut, sebenarnya tidak ada yang salah dengan istilah-istilah atau kata-kata atau kalimat kekinian or whatever you named it. Tapi karena pemakaiannya yang sudah di luar kendali dan menggambarkan titik-titik terendah lanskap budaya pop Indonesia sepanjang 2017, istilah-istilah ini dianggap "mengganggu" beberapa orang.

Paling banyak dicari : Tercyduk, Kids Jaman Now, Kata Paling SAMPAH 2017, Kalimat Paling SAMPAH 2017, Istilah Paling SAMPAH 2017, Kata Paling SAMPAH 2018, Kalimat Paling SAMPAH 2018, Istilah Paling SAMPAH 2018, Tydack Mendydyck, Terpelatuk, Terpotek, Kids Jaman Now, Kids Zaman Now, Faedah, Unfaedah, Eta Terangkanlah, HQQ, B Ajah, B Ajah Ye Kan, Wkwk Land, Saya Suka Kemewahan, Balajaer, Balasalmon, Pelakor, Valakor 

Jika media sosial kita ibaratkan kamar kita, apakah tingkat "mengganggunya" istilah-istilah itu layaknya sampah yang berserakan di kamar kita ? Nyatanya istilah-istilah yang dianggap mengganggu kedamaian dunia ini juga tidak hanya muncul di timeline media sosial dan komentar di media sosial, tapi juga sampai di kehidupan sosial. Coba deh teman-teman ingat, pernah nggak denger Kids Jaman Now keluar dari mulut abang-abang saat melihat kelakuan anak muda yang dianggap aneh atau nyeleneh ? Atau pernah nggak di grup WhatsApp keluarga kamu ada om atau tante yang bilang Tercyduq, Kids Zaman Now dan sebagainya ? Mungkin maksud mereka melakukan itu agar terkesan gaul atau biar kelihatan masih muda. Tapi apapun alasannya, itu sih sah-sah saja.
Dari sini, saya jadi tahu, ada orang-orang yang jengah dengan istilah-istilah itu, dan sekali lagi itu boleh-boleh saja, pendapat orang masing-masing. Itu artinya ada yang peduli dengan kondisi perbendaharaan kata yang miris yang dimiliki Indonesia di tahun 2017. Tentu saja selalu ada pro dan kontra, ada yang sedih dan miris dengan keberadaan istilah-istilah tersebut, tapi ada juga yang baik-baik saja, tidak terlalu mempermasalahkan. Kalau teman-teman bagaimana ?

Buat membantu teman-teman menjawabnya, berikut Temanmain.com rangkum berbagai Kata, Kalimat, Istilah yang Menjadi Kata-Kata Paling SAMPAH di Tahun 2017 !

Tercyduk/Tercyduq/Terciduk

terciduk via the list/edited by temanmain.com
Terdapat banyak versi terkait siapa yang mulai menggunakan dan mempopulerkan kata atau istilah Tercyduk/Tercyduq/Terciduk. Beberapa mengatakan yang memulai kata atau istilah Tercyduk/Tercyduq/Terciduk adalah Tahilalats, ada pula yang mengatakan yang memulai kata atau istilah Tercyduk/Tercyduq/Terciduk adalah Syahrini, ada juga yang mengatakan yang memulai kata atau istilah Tercyduk/Tercyduq/Terciduk adalah Lambe Turah. Mana yang bener ya ? Kalau Tahilalats, pernah sih membuat komik strip tentang cowok yang lagi asyik main PS sampai nggak balas chat dari ceweknya, eh pas masih asyik main PS, ceweknya datang dan muncul istilah Tercyduk. Mungkin itulah awal mula Tercyduk/Tercyduq/Terciduk. Kalau menurut Temanmain sih ini masih wajar dan lucu malahan. 


Tydack Mendydyck

edit by temanmain.com
Ini juga masih satu ordo dengan Tercyduk sih sepertinya, terlihat dari kalimat yang sebenarnya bunyinya "tidak mendidik", hanya saja huruf "i"diganti dengan huruf "y". Kata/kalimat/istilah ini lazim digunakan untuk mengomentari postingan di media sosial yang bersifat asusila, ketidaksopanan, tabu, seperti misalnya admin akun di Instagram yang memposting video seorang guru yang memukul siswanya, atau video anak kecil merokok, kemudian ada yang memberi komentar Tydack Mendydyck, karena dianggap seharusnya admin akun Instagram tersebut tidak perlu mengunggah hal yang demikian karena tidak mendidik. Menurut kamu Tydack Mendydyck ini ganggu kamu nggak ?

Terpelatuk/Terpelatuq/Terpelatuck/Terpotek
via bolagila
Terpelatuk/Terpelatuq/Terpelatuck/ ini awal mulanya berasal dari kata "triggered" atau terpicu. Lazimnya digunakan saat ada yang terlalu baper atau terlalu menganggap serius sebuah postingan (kalau di media sosial). Sering terjadi kalau ada yang marah, tersinggung, ikut kesel atau nggak terima artis pujaan mereka atau klub bola yang digemari diledekin, dicengcengin atau di-troll. Kadang ketawa juga sih kalau ada yang sampai ribut gara-gara terpelatuk klub bola kesayangan mereka di-troll sama akun yang emang suka jago banget nge-troll, kayak misalnya Jarinto, Minang Kocak, Bola Gila, dan Plesbol. Dilansir dari wikipedia, troll sendiri bisa diartikan Troll internet. Internet troll mengacu pada orang yang mengirim pesan (atau juga pesan itu sendiri) di Internet dengan tujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lainnya. Sedangkan terpotek, biasanya digunakan ketika ada bagian yang lepas/patah, misalnya hati. Kayak misalnya ketika Raisa menikah dengan Hamish, banyak yang hatinya terpotek karena di hari yang dikenang sebagai Hari Patah Hati Nasional itu. Kalau kamu merasa terganggu nggak dengan istilah Terpelatuk/Terpelatuq/Terpelatuck/Terpotek ini ?



Kids Jaman Now/Kids Zaman Now

kids jaman now via awreceh
Dari beberapa riset yang dibaca, Kids Jaman Now ini berawal dari sindiran generasi 80an-90an yang menganggap kelakuan anak jaman sekarang aneh-aneh. Ada banyak pro kontra juga terkait istilah Kids Jaman Now ini, terlebih dari sisi anak jaman sekarang yang risih juga disebut seperti itu, karena istilah tersebut identik dengan hal negatif. Yang generasi jaman dulu merasa lebih beruntung menikmati masa muda yang seru meski tanpa gadget, yang generasi jaman sekarang merasa lebih keren dari generasi sebelumnya karena teknologi makin maju. Perbedaan inilah yang membuat istilah Kids Jaman Now ini dianggap sampah atau dianggap mengganggu bagi beberapa orang, kamu setuju nggak di tahun depan istilah ini musnah ? 


Faedah/Unfaedah
komik tidak ada faedahnya Jonbrayy

Istilah faedah digunakan untuk mengomentari hal-hal yang bermanfaat, sedangkan unfaedah untuk hal-hal yang tidak atau kurang bermanfaat. Sebenarnya istilah ini cukup asyik sih, karena misalnya istilah faedah, tentu muncul ketika kita melihat info yang memang dirasa berguna banget, atau menambah pengetahuan. Sedangkan unfaedah, meskipun terdengar negatif, kadang justru digunakan untuk dagelan-dagelan atau jokes-jokes receh, misalnya kalau di YouTube ada video Cara Mematikan Lampu, di Instagram ada banyak, cek aja akun-akun seperti awreceh dan Jonbray dengan hashtag #tidakadafaedahnya dan komik Kompleks Tanpa Faedah-nya. 

Eta Terangkanlah

eta terangkanlah via Malas Mikir
Kayaknya ini udah mulai dilupain sih, karena belakangan udah jarang denger lagi. Tapi justru muncul lagu lain dengan istilah yang bikin beberapa orang ngernyitin dahi pas dengerin, sebut saja Tak Tun Tuang. Eta Terangkanlah juga sempat dijadikan bahan spam untuk berkomentar di akun-akun Instagram milik selebritas luar negeri yang notabene nggak paham apa itu Eta Terangkanlah, fenomena ini mengingatkan kita pada Om Telolet Om di tahun 2016. 


HQQ

cantik hqq via IG nabilagardena
HQQ atau dibaca Hakiki, biasa digunakan untuk menyebut atau mengomentari orang, barang, atau suatu keadaan yang mutlak, bisa dalam konotasi positif dan juga negatif. Misalnya artis-artis Korea yang dianggap K-pop lovers memiliki ketampanan yang HQQ, artinya sangat sangat tampan. Sedangkan yang konotasinya negatif misalnya mengomentari tentang video yang sangat konyol, bisa dikomentari dengan kalimat "ketololan yang HQQ". Tapi kenapa kata "hakiki"harus disingkat menjadi "HQQ" juga masih menjadi misteri.  

B Ajah/B Ajah Ye Kan

b aja via YouTube
Hampir sama dengan HQQ yang disingkat-singkat, B Ajah di sini maksudnya Biasa Aja. Katanya sih biar hits, dan terdengar keren, kayak lagunya Kemal Palevi, Cewek B Aja. BTW, model video klip cantik ya 


Wkwk Land

wkwk land via okezone
Istilah Wkwk Land asalnya dari komunitas users 9gag dari Indonesia. Situs 9gag kan dikenal dengan konten-konten yang lucu banget, nah, orang Indonesia suka banget tuh kalau ngakak online biasa nulis hahaha dan wkwkwkwk. Kalau "hahaha" mungkin orang luar negeri paham lah ya kalau itu maksudnya tertawa, sama seperti dari negara lain yang ngakak onlinenya "jajaja" atau "xixixi". Nah pas user 9gag dari negara lain ini awalnya nggak paham apa itu wkwkwk, lalu setelah diberitahu bahwa itu adalah bahasa ngakak online orang Indonesia, lalu mereka menganggap bahwa Indonesia adalah Wkwk Land. Istilah ini makin viral ketika di video Demian Aditya tampil di America's Got Talent ada yang berkomentar, "i know this guy. he is from WKWKWKWK land". Kalau menurut pendapat teman-teman, istilah ini mengganggu nggak ?  


Papa

via komikfaktap 
Papa umumnya dianggap sebagai Ayah atau Bapak, dalam artikel yang disebutkan di atas, istilah ini dianggap mengganggu karena Papa di sini merujuk pada seorang yang diduga terlibat mega korupsi, dan tentu saja hampir tidak ada orang yang mau memiliki ayah koruptor. Tetapi kalau ditelaah lagi, ada bentuk sindiran di istilah ini. Tengok saja ketika oknum yang diduga terlibat korupsi ini (diberitakan) sakit, tindakan tersebut dianggap netizen hanya alasan untuk mengindari pemeriksaan, maka dari itu muncul meme dan hashtag #papacepatsembuh. Jadi kayaknya nggak terlalu mengganggu sih.   


Saya Suka Kemewahan

Saya Suka Kemewahan muncul dari perkataan seorang kuasa hukum orang yang kita bahas di poin sebelumnya. Dari situ banyak muncul meme, jokes, troll, dan video-video lucu Instagram dan di YouTube, misalnya ini :

Sumber video : Mojokdotco

Baca juga :

Kenalan dengan Kuasa Hukum Anonymous, Pengacara Bagi Hacker Paling Berpengaruh di Dunia !

Kuy/Takis

via Fattah
Kuy dan Takis adalah istilah dari kata yang dibalik, Kuy adalah Yuk, dan Takis adalah Sikat. Mengapa muncul istilah ini ? Ya kadang memang history repeat for itself, istilah dari kata yang dibalik pernah beken di jaman dulu kala, dan di tahun ini muncul lagi tren tersebut.


Balajaer/Balasalmon

mujaer via cookpad
Buat yang suka ngikutin akun-akun gossip, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Balajaer versus Balasalmon ini. Terlepas dari apa dan siapa Balajaer Balasalmon tersebut, sebaiknya tahun depan udah nggak ada lagi istilah-istilah ini. Alasannya ? Udah basi dan udah terlalu banyak drama yang justru merugikan banyak pihak, setuju nggak ?


Pelakor/Valakor

valak via wisatajogja
Istilah Pelakor/Valakor ini juga viral di tahun ini. Pelakor adalah perebut laki orang, biasa ditujukan pada perempuan yang merebut, menikung, dan atau menjadi selingkuhan suami orang. Di tahun ini memang lumayan banyak ya kasus seperti itu yang terbongkar. Sedangkan Valakor sendiri adalah plesetan dari Pelakor, diambil dari kata Valak, yang mengacu pada sosok menyeramkan di film The Conjuring 2. Mungkin karena dianggap sifatnya sama-sama mengganggu dan merusak, jadi Valak/Valakor bisa dikaitkan dengan para perebut laki orang. Nah, kalau menurut kamu, istilah Pelakor/Valakor ini mengganggu nggak ? Atau pelakunya saja yang mengganggu sedangkan istilahnya tidak ? 
Layaknya sampah di kamar, ada yang risih bila kamarnya tidak bersih, tapi ada juga ya yang memang suka numpukin sampah di kamar. Tapi apapun itu, yang namanya sampah tentu akan bau kalau dibiarkan lama-lama di dalam kamar, jadi tinggal tunggu waktu saja sampah-sampah tersebut dibuang atau dibersihkan.....dan biasanya sih akan muncul sampah baru lagi. 










Share this:

Disqus Comments