Hari Itu Tiba! Umat Islam yang Salah Kiblat akan Ketahuan Besok

Umat Islam yang salah kiblat akan ketahuan besok. Kok bisa?

Sumber foto: Pexel/Ichad Windhiagiri


Ya, besok dan lusa, bagi kamu yang beragama Islam bisa melakukan pengecekan arah kiblat sudah benar atau belum.

Hal tersebut disampaikan akun resmi info BMKG di Instagram, @infobmkg.

"Assalamu'alaikum sobat BMKG. Mau ngasih info nih. Apaan tuh? Besok dan lusa tanggal 27 dan 28 Mei, sobat BMKG yang muslim bisa melakukan pengecekan arah kiblatnya udah benar atau belum," tulis akun @infobmkg dalam keterangan foto, Selasa (26/5/2020).

"Kok bisa, trus caranya gimana? Soalnya besok dan lusa tepat pukul 16.18 WIB Posisi Matahari tepat di atas Ka'bah," tulis @infobmkg melanjutkan.

Akun resmi @infobmkg ini pun menjelaskan cara mengetahui kiblat sudah benar atau belum.

Sumber foto: Instagram/infobmkg


"Caranya mudah kok, seperti biasanya kamu tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol, Arah kiblat yang benar adalah arah yg ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang," tulisnya menjelaskan.

Sebagai catatan, peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah bagian Barat.

Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun, yakni pada 27-28 Mei pukul 16.18 serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB.

Sedangkan buat kamu yang berada di Indonesia bagian Timur dan juga sebagian Indonesia Tengah bagian Timur, penentuan arah kiblatnya dapat dilakukan saat matahari di atas diantipoda Kabah (sebalik arah Kabah) yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT.
Pasang Iklan Murah di Sini!

Posting Komentar

0 Komentar