3 Aplikasi Untuk Menghindari Kemacetan, Agar Mudik Lebaran 2022 Lancar

Apa saja aplikasi untuk menghindari kemacetan jalan? Berikut daftarnya!




Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan tradisi ‘Mudik Lebaran’. Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi yang kerap kali dilakukan ketika menjelang peringatan hari raya Idul Fitri dengan bertujuan untuk kembali ke kampung halaman, atau ke tempat asal kita dari perantauan. Moment ini sangat ditunggu oleh pekerja maupun perantau, pasalnya kehangatan keluarga selalu menjadi ciri khas pada saat perayaan hari Raya Idul Fitri.

Berbeda dengan 3 tahun silam, pada tahun 2022 Pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk melakukan tradisi Mudik Lebaran ke Kampung halaman. Namun kegiatan mudik ini memerlukan persiapan yang matang agar selamat dan lancer selama perjalanan menuju ke alamat asal kita. Salah satunya ialah memastikan jalur perjalanan kita tidak terganggu dengan adanya ‘Macet’. 

BACA JUGA:


Macet merupakan hal yang lumrah ketika melakkan perjalanan mudik lebaran. Namun tahukan kamu? Saat ini sudah tersedia berbagai macam metode untuk menghindari macet, salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi pendeteksi kemacetan pada lalu lintas. 

Lantas aplikasi apa saja yang dapat mendeteksi macet pada lalu lintas? Simak ulasan berikut ini. 

1. Google Maps 
Google Maps merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Perseroan terbatas Google. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur lengkap yang digunakan sebagai peta elektronik, serta navigasi direktori jalan. 
Adapun cara yang dapat kamu lakukan ketika ingin menggunakan Google Maps sebagai pendeteksi kemacetan jalan, berikut Langkah-langkah yang harus kamu ikut. 
  • Download aplikasi Google Maps pada App Store (pengguna ios), atau Play Store (pengguna android)
  • Pastikan lokasi kamu nyala agar Google Maps mampu mendeteksi lokasi kamu
  • Kemudian buka aplikasi Google Maps
  • Pilih kolom pencarian 
  • Kemudian tuliskan alamat tujuan 
  • Klik icon piliham rute pada kiri bawah layer handphone kamu
  • Kemudian klik icon persegi bertumpuk di bagian kanan atas layer handphone kamu
  • Lalu klik pilihan ‘Lalu Lintas’
  • Kemudian silang, dan kamu akan mendapatkan rute lalu lintas yang dipenuhi oleh berbagai macam warna

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sensor pendeteksi kondisi pada jalan raya yang akan kita lalui. Kondisi tersebut dilanbangkan dengan 3 warna yang memiliki makna di dalamnya. Warna tersebut iala merah, kuning, serta hijau. Merah menandakan bahwa terdapat kemacetan pada lalu lintas yang kita lewati, kuning menandakan bahwa lalu lintas padat namun tetap lancer, dan hijau menandakan bahwa lalu lintas yang kita lalui lancer tanpa hambatan. 

Warna merah sebagai tanda ‘Macet’ juga dapat berlaku apabila kamu mendekati area Traffic light atau Lampu lalulintas. 



2. Waze
Aplikasi Waze merupakan aplikasi pendeteksi lalu lintas selanjutnya. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, fitur di dalam Waze sendiri berbasis lalu lintas dan navigasi. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis.  

Berikut cara untuk menggunakan aplikasi Waze pada smartphone kamu agar terhindar dari kemacetan.
  • Unduh aplikasi Waze pada Play Store (pengguna android) atau App Store (pengguna ios)
  • Buka aplikasi Wze 
  • Kemudian ketik alamat yang akan kamu tuju
  • Klik cari
  • Dan secara automatis Waze akan memberikan rute terbaik, dan kamu akan menjumpai berbagai warna pada jalun yang akan dilalui

Kondisi lalu lintas pada aplikasi Waze ditandai dengan 3 macam warna, yang pertama merah sebagai tanda bahwa di jalur tersebut terjadi kemacetan, kedua kuning menandakan bahwa kondisi lalu lintas padat, serta abu-abu yang menandakan kondisi lalu lintas lancer tidak ada kemacetan. 

3. Travoy
Aplikasi selanjutnya ialah Travoy. Aplikasi ini merupakan aplikasi di bawah naungan Jasa Marga. Berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya, Travoy hanya memiliki fitur peta saja tanpa memiliki navigasi. Namun kelebihan yang ditonjolkan oleh aplikasi ini ialah mampu memantau kepadatan lalu lintas secara Live. Hal tersebut dapat terjadi karena aplikasi ini tersambung dengan CCTV milik Jasa Marga, dan khusus memantau pada ruas jalan tol saja. 

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan aplikasi ini ialah sebagai berikut. 

  • Download aplikasi Travoy pada App Store (pengguna ios), atau Play Store (pengguna android)
  • Buka aplikasi
  • Klik pilihan ‘Maps’
  • Kemudian klik ikon kamera CCTV
  • Maka akan muncul pada layer handphone kamu kondisi jalan tol saat ini, apakah terjadi kecelakaan, macet, dan lain sebagainya

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurasngi resiko terkena amacet ketika mudik lebaran. 

Sumber foto: Photo by Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar