Ghost of Kyiv Viral Video di Sosmed, Pilot Ukraina yang Jatuhkan Banyak Pesawat Rusia, Ini Fakta-faktanya

Ghost of Kyiv viral di tengah gencarnya serangan Rusia ke Ukraina. Ghost of Kyiv adalah julukan untuk pilot jet tempur Ukraina yang disebut-sebut sudah menembak jatuh pesawat Rusia. Ini sosok Ghost of Kyiv arti lengkap dan fakta-faktanya!




Video Ghost of Kyiv menembak jatuh pesawat tempur Rusia viral di media sosial. Meski begitu belum ada konfirmasi apakah video tersebut nyata atau hanya rekayasa komputer.

Namun faktanya, video Ghost of Kyiv ini mencuri perhatian netizen di seluruh dunia. 

Ghost of Kyiv Artinya?

Apa itu Ghost of Kyiv? Ghost of Kyiv adalah julukan bagi pilot pesawat tempur Ukraina MiG-29. 

Melansir dari The Avionist, Ghost of Kyiv disebut telah menembak jatuh enam jet tempur Rusia hanya dalam waktu satu hari.


Tetapi ahli penerbangan The Avionist meragukan keaslian Ghost of Kyiv, sebab mengalahkan enam pesawat tempur Rusia termasuk Sukhoi dalam waktu sehari agak mustahil.

Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sebenarnya sudah memposting foto pilot yang disebut Ghost of Kyiv, tapi tidak menampilkan wajahnya.

Jadi netizen terbelah dua, ada yang percaya dan ada yang tidak percaya Ghost of Kyiv Ukraina.

Bahkan dilansir dari Snopes dan Reuters, disebutkan bahwa video Ghost of Kyiv menembak pesawat jet tempur Rusia adalah berasal dari video games.

Video Ghost of Kyiv menembak pesawat Rusia aslinya dari sebuah video YouTube yang direkayasa sedemikian rupa.

"Potongan video ini dari Digital Combat Simulator (DCS), tapi malah disebarkan sebagai Ghost of Kiev. Jika ini asli, semoga Tuhan memberkati, tapi jika palsu, semoga Tuhan lebih memberkatinya," tulis pengguna dengan akun Comrade_Corb di deskripsi video.


DCS memang sudah dikenal dengan game simulator sejak dulu. Dikembangkan oleh Eagle Dynamics, sebuah perusahaan yang didirikan di Rusia tapi kini berlokasi di Swiss.

Juru Bicara Eagle Dynamics, Matthias Techmanski mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa video Ghost of Kyiv adalah video fiksi atau rekayasa dari video YouTube yang disebarluas ke sosmed, dan itu memang dari Digital Combat Simulator.

Sumber foto: Twitter

Posting Komentar

0 Komentar